a cup of my story

by : Ricke Yuliarti

"Do what you can, with what you have, where you are."
-Theodore Roosevelt-

3.23.2014

My First : Beauty Class by Wardah Cosmetics

Kemarin aku ikutan beauty class yang diselenggarain oleh Toserba Yogya, salah satu toserba di kotaku dan disponsori oleh Wardah Cosmetics. Ini benar-benar baru pertama kalinya aku ikutan acara beauty class, biasanya paling males ikutan acara-acara beginian, karena selain bayar pilkirku tutorial make up mah di youtube dan blog-blog juga banyak, gratis pula (teteup ya walaupun udah bukan mahasiswa mental gratisan mah teteup hehe). Tapi entah ada angin apa aku tiba-tiba tertarik aja ikutan daftar, yaa selain karena anjuran dari mamah juga sih, "...daripada ongkang-ongkang doang di rumah mending ikutan aja Teh, kan lumayan bisa diajarin make up" begitu kira-kira yang Mamah bilang. Oke, akhirnya aku mengiyakan, lagian sponsorshipnya kosmetik favoritku dan yang biasa aku pakai sehari-hari, jadi deh mantep buat ikutan hehe..
Di jadwalnya acara dimulai jam 09.00 pagi, dan aku baru berangkat jam 08.55. Mepet banget gara-gara kelamaan dandan. Sampai lokasi untungnya ternyata belum dimulai. Sambil menunggu acara mulai kita dijamu coffee break terlebih dahulu. Lumayan, banyak makanan kecil buat ganjel-ganjel perut, kebetulan belum sempat sarapan juga hehe. Sekitar jam 10.00 dimulailah acara yang paling ditunggu-tunggu "make up class". Lantaran ini pertama kali banget buatku, aku kaget juga sih ternyata make up kit dan segala perkakas perlengkapan make up udah nangkring aja di meja peserta. Sebelum-sebelumnya yang aku dengar dari beberapa cerita teman sih biasanya make up kit bawa masing-masing. Ini semaleman yang aku pikirin terus gegara bingung belum punya make up kit lengkap, jadi deh aku hanya bawa make up pouch-ku yang berisi make up seadanya. Tapi eh ternyata semua perkakas make up dari pelembab, foundation, bedak, eyeshadow, lipstick sampai brush-nya semua di-supply sponsorship. Syukur dehtapi nggak untuk dibawa pulang lho ya hehe. Dasar cupu ya, maklum pertama kalinya ibu-ibu. Melihat make up kit sekomplit itu hasratku menggebu-gebu, dalam hati aku berbisik "aku harus punya ini nanti..." hehe...
Alhamdulillah... Dari kelas make up kemarin aku dapat ilmu cara ber-make up dengan benar. Nah, aku mau coba share tahap-tahapnya apa aja yang udah aku pelajarin kemarin nih...

Pertama, sebelum di make up kita wajib membersihkan muka terlebih dahulu. Wajib, nggak pake nawar ya. Membersihkan muka diawali dengan milk cleanser, tenyata saat mengolesnya arah olesan kita itu harusnya dari dagu bawah rotasi ke atas sampai ke dahi, bukan dari dahi kemudian ke bawah sampai dagu, karena katanya rambut halus di kulit kita itu tumbuhnya ke bawah, jadi kita harus membersihkan muka berlawanan arah dari tumbuhnya rambut halus. Lalu, untuk membersihkan milk cleanser-nya, kita harus menggunakan facial tisue bukan kapas. Caranya pun sama dari dagu ke arah atas sampai ke dahi berlawanan dengan tumbuhnya rambut halus. Setelah itu baru kita tuangin face toner di kapas untuk membersihkan sisa-sisa susu pembersih yang masih menempel. Nah, untuk tahap ini kita bersihkan dari dahi turun ke bawah sampai ke dagu, kebalikan dari yang tadi, dan perlu diingat jangan diusap tapi ditepuk-tepuk saja. 
Kedua, setelah dirasa bersih kita bisa mengaplikasikan pelembab terlebih dahulu agar kulit kita tetap lembab walau di make up. Caranya dari dahi turun ke bawah sampai ke dahi, kebalikan dari memakai milk cleanser ya teman-teman.
Ketiga, setelah pelambab baru kita aplikasikan foundation. Nah, ini yang perlu diingat, pilih foundation satu tingkat di bawah warna kulit kita ya teman-teman. Dan cara pemakaiannya yang benar dengan ditepuk-tepuk dibawa miring ke bawah, jangan diusap ya teman-teman, karena dengan ditepuk-tepuk foundation ini akan langsung menempel pada kulit, kalau kita usap yang ada foundation-nya malah nggak meresap ke kulit dan nggak tahan lama. Pemakaiannya dari dahi ke arah bawah menuju dagu ya teman-teman. Jadi selain milk cleanser, semua dilakukan dari arah dahi ke bawah dagu. Oh iya, foundation boleh kita aplikasikan di sekitar kelopak mata dan area kantung mata ya teman-teman agar bisa menutupi mata panda. Lebih bagus lagi kalau pake concelear, tapi sayang kemaren nggak diajarin pake ini.
Keempat, baru kita pilih bedak dengan warna satu tingkat di atas warna kulit, kebalikan dari foundation ya teman-teman. Ingat, cara pemakaiannya sama dengan cara ditepuk-tepuk, jangan diusap karena bila diusap akan menghilangkan foundation-nya. Oh ya perlu diingat! Jangan sekali-kali mengaplikasikan bedak ke daerah kelopak mata, agar foundation tidak ditimpa bedak sehingga dalam pengaplikasian riasan mata nanti akan mudah menyerap.
Kelima, untuk yang merasa memiliki pipi chuby bisa mengaplikasikan shadding di daerah tulang pipi. Caranya kita monyongkan mulut sehingga tulang pipi kita terlihat, aplikasikan shadding di sekitar tulang pipi sapukan dari arah jambang mendekat ke mulut. Untuk yang berwajah tirus juga bisa katanya, tapi sapukan dari arah jambang sedikit mendekati hidung. Selain itu shadding juga kita gunakan di daerah hidung untuk membuat hidung terlihat mancung. Disini lebih enak kita gunakan jari-jari manis kita saja. Pakai shadding di daerah tepi kanan dan kiri hidung, jangan sampai ke pangkal hidungnya ya teman-teman, iru yang membuat kita keliatan mancung. Pakai dari atas batas tulang alis lurus ke bawah, usahakan lurus, jangan mengembang ke bawah karena akan membuat hidung bawah kita megar nantinya hehe.
Keenam, nah baru kita fokus ke daerah mata. Kita aplikasikan warna dasar untuk eyeshadow, ambil warna sedang, tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda. Lagi-lagi jangan diusap teman-teman, cukup ditepuk saja agar warnanya terlihat. Sapukan di seluruh kelopak mata sampai batas area bola mata, jadi jangan sampai melebihi batas tulang alis. Kemudian, untuk sudut luar mata kita beri eyeshadow yang lebih gelap dari warna dasar, timpakan membentuk sudut siku-siku. Lalu, untuk di daerah tulang alis yang tadi belum terkena eyeshadow kita aplikasikan warna terang, biasanya sih warna putih atau warna kulit, pokoknya warna yang lebih terang. Sapukan dari pangkal alis menuju luar, jangan kelebihan ya, disesuaikan dengan eyeshadow sebelumnya. Nah, untuk garis mata bawah, kita bentuk eyeliner. Kalau kemari itu kita dianjurkan untuk menggunakan eyeshadow untuk membentuk garis mata bawah. Sapukan hanya 2/3 atau setengah garis mata saja dari sudut luar garis mata bawah ke tengah. Ini bagi yang memiliki mata bulat ya. Bagi yang memiliki mata kecil aplikasikan eyeliner penuh, dari sudut luar garis mata bawah sampai sudut dalam garis mata bawah. Untuk meng-high light kita aplikasikan warna putih di sudut mata dalam (maaf kata mbaknya daerah belek hehe). Setelah pemakaian eyeshadow dirasa sudah sempurna, sekarang giliran alis. Disini juga kita dianjurkan menggunakan eyeshadow dalam membentuk alis, agar lebih natural katanya. Pilih warna coklat tua. Kalau aku pribadi sih kurang nendang kalau pake eyeshadow, lebih suka pake pinsil alis atau gel hehe. Setelah alis jangan lupa aplikasikan mascara untuk bulu mata kita. Aku paling nggak suka penggunaan mascara, selain karena memang nggak bisa, bulu mataku juga tipis pake banget jadi susak untuk diaplikasikan, sering menggumpal dan malah jadi kayak pager, nempel-nempel gitu, nggak okelah pokoknya hehe.
Ketujuh, kita pindah ke daerah pipi. Sapukan blush on agar pipi lebih merona. Yang ini juga bagian yang paling aku nggak bisa dan paling nggak berani, karena takut ketebalan malah jadi kayak ondel-ondel ntar. Katanya mengaplikasikannya dengan cara disapu, jangan di-tutul-tutul, karena akan membuat teksturnya menggumpal di daerah tertentu. Oh iya, sebelum menggunakan blush on, terlebih dahulu tepok-tepokkan kuasnya ke tangan agar butiran blush on tidak menggumpal di kuasnya. Sapukan dari jambang ke arah hidung. Agar warna lebih natural, katanya pemakaian bisa kita campur dengan warna shadding.
Yang terakhir kita pindah ke daerah bibir. Sebelum lipstick kita oleskan lip balm terlebih dahulu agar bibir tetap lembab. Baru setelah itu kita aplikasikan lipstick. Diawali dengan membentuk garis bibir baru kemudian keseluruhan bibir. Untuk pemilihan warna, pilih warna-warna soft untuk riasan mata warna terang, dan pilih warna ngejreng seperti merah, orange atau shock pink untuk riasan mata gelap.
Nah, selesai deh!  Final touch up, kita cek lagi apa yang masih kurang. Kira-kira semuanya ngabisin waktu sekitar 2 jam-an lebih. Karena memang disini kita bebas sambil tanya-tanya tutornya, makanya ngabisin waktu lumayan lama. Ini dia hasil make up-ku kemarin...


Aku menggunakan eyeshadow terang yaitu percampuran biru metalic. Aku sengaja mencoba warna terang karena biasanya aku hanya berani menggunkan warna gelap. Maaf kalau nggak begitu jelas ya karena aku hanya menggunakan kamera handphone-ku saat foto huhu :( Yaa begini ini kebiasaan burukku, lupa bawa benda penting yang harusnya wajib dibawa saat acara-acara begini, lupa bawa camera pocket. Makanya, maaf banget ya kalau tadi step by step make up-nya nggak bisa disertai foto huhu :( Mungkin lain kali kalau ada waktu senggang aku coba bikin tutorial di rumah deh hehe :)
Setelah acara make up class, kita istirahat sejenak untuk makan siang. Alhamdulillah dapat makan lagi, kebetulan perut juga udah keroncongan hihi. Selain itu juga disediakan photo booth gratis untuk yang mau berkespresi ria setelah di make up. Sudah barang tentu ini hal wajib dong yang nggak bakal aku lewatin, kan itung-itung untuk kenang-kenangan hehe :)

Halo! This is me after have make up by my self ;)
Setelah dijamu makan siang, acara selanjutnya yaitu hijab tutorial. Yang ini di-skip aja ya, karena ngaak begitu seru, udah sering liat di youtube-youtube juga soalnya hehe. Nah, yang paling ditunggu-tunggu pada saat pembagian doorprize dan quiz. Sayangnya beberapa pertanyaan yang diajukan tim Wardah Cosmetics nggak satupun yang memilih aku untuk menjawabnya, padahal pertanyaannya gampang-gampang banget haha yaiyalah yang mau jawabnya aja banyak banget, pa-cepet-cepetan tunjuk tangan gitu, jadi aku nggak kebagian ditunjuk deh. Tapi, pas pertanyaan terakhir, ternyata tim Wardah nggak ngasih pertanyaan, tapi disini mereka khusus memberikan hadiah untuk siapa yang bawa produk wardah paling banyak di tas kita. Dan aku terpilih jadi salah satu yang terbanyak, aku bawa tujuh jenis produk. Ada gunanya juga aku bawa make up pouch-ku hehe...

Thank you Wardah Cosmetics, truely Inspiring Beauty :)
Senangnya, sekarang aku udah ngerti gimana cara ber-make up dengan benar. Acara ini sangat membantu banget buatku yang masih sangat-sangat pemula dalam hal make up. Selain itu banyak hadiah-hadiahnya juga, jadi uang pendaftarannya ngga sia-sia deh, ilmunya dapet dan uangnya balik lagi ke kita dalam bentuk produk-produk ini, puas deh pokoknya. Para pesertanya yang kebanyakan ibu-ibu sekitar umur 30tahunan pun sangat antusias. Kemarin aku duduk di sebelah dua Ibu-Ibu, aku lupa namanya huhu. Yang namanya cewek kalau udah ketemu walaupun berbeda usia teteup aja ada yang diomongin yah hehe. Nggak nyesel deh ikutan acara ini, selain nambah ilmu, nambah teman juga :) Terimakasih atas ilmu dan hadiah-hadiahnya Wardah Cosmetics dan Toserba Yogya :)

Bonus! My Hijab Outfit Of Last Day. Hehe :)

No comments: