a cup of my story

by : Ricke Yuliarti

"Do what you can, with what you have, where you are."
-Theodore Roosevelt-

12.31.2013

End Year's Post

Ehm, bismillahirahmanirrohim. Assalammu'alaikuuuum, Hallo bloggers di seluruh lapisan dunia! Ya ya aku tau, mungkin ini merupakan dosa terbesarku sama blog tercintaku ini. Pasti semua juga tau kenapa dong ya. Yap! It's been more than a year i didn't update haha. Ini adalah rekor terlamaku vakum di dunia per-blog-an ini. Jujur ngerasa bersalah banget sama blogku,dan aku akui sungguh-sungguh sangat merasa gagal menjadi seorang blogger haha lantaran selalu khilaf ngelupain dia, kemudian janji untuk nggak akan lupa lagi, tapi lagi dan lagi kembali lupa. Hufh, I'm feel so sorry bloggy huhu.
Alasannya? I didn't know why exactly, kalau aku bilang alasannya karna sibuk, sangat klise banget ya aku rasa, tapiiii setahun belakangan ini aku emang benar-benar disibukkan sama urusan kuliah. Serius ini beneran. Nih ya aku ceritain, dimulai dari awal januari sampai pertengahan februari 2013 kemarin, aku disibukkan dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat alias KKN, yaah walaupun aslinya kegiatan ini  isinya cuma "penggambusan" doang tapi tetaplah ya butuh waktu, tenaga, dan pikiran haha. Terus kesibukan selanjutnya selesai KKN, nah ini yang paling bener-bener nguras waktu, tenaga, pikiran, materi, bahkan sampai air mata, apa hayo tebak? Yap! Skripsi! Agak lebay sih ya, tapi seriusan selama perjalanan hidupku sampai aku kuliah, skripsi emang salah satu masa dimana mental kita bener-bener diuji banget. Dari kesel gara-gara di-PHP-in dosbinglah, sedih karena berkali-kali judul ditolaklah, kecewa gara-gara harus ngulang proposal, snewen sendiri gegara hasil olah data yang nggak sesuai, deg-degan menjelang hari sidang skripsi yang bikin susah makan susah tidurlah, sampai akhirnya bisa tersenyum dan bernafas lega mendengar keputusan dari mulut dosbing bahwa kita dinyatakan lulus sidang skripsi, hufh semua rasa jadi satu deh pokoknya. Semua yang udah pernah melewati masa ini pasti juga mengalami hal yang sama kayak aku. Sekarang udah tau kan kenapa hampir lebih dari 1 tahun aku nggak update blog, jadi bisa dong dimaafin, ya ya yaaaah (maksa pokoknya haha).
Nah, karena hari ini adalah end years of 2013, aku rasa tepat banget kali yah buat aku memulai kembali dunia per-blog-an ini, dan mulai update post lagi hehe. Tapi sebelumnya, seperti biasa setiap aku baru aktif kembali setelah vakum ngepost untuk waktu yang lama aku selalu janji sama blogku untuk bisa lebih rajin lagi ngepost dan ngurusin blog ini, lagu lama sih karna pasalnya udah terlalu sering aku ngumbar janji serupa dan selalu kembali khilaf dan khilaf lagi haha tapi nggak apa lah ya, biar afdol gitu, dan doain aja semoga aku nggak akan khilaf lagi dan jadi rajin ngepost biar reader, visitor, dan statistik blogku meningkat hehe. Itu juga sih sebenernya salah satu yang bikin aku males update, karena statistik blog yang kian menurun, dan blogku sepiiiii. Yaiyalah sepi gimana mau rame wong update post aja jarang ke, apa yang mau dibaca, apa yang mau menarik perhatian, males kali tu visitornya "ngepoin" blog kamu, boro-boro ngepoin numpang lewat aja ogah kali haha (ngomong sama kaca).
Yaudeh-yaudeeh, udeh yee cukup panjang lho prolognye. Sekarang langsung aja ke inti pokok postingan aku kali ini. Hmmm... Berhubung hari ini merupakan penghujung tahun 2013, aku rasa enaknya kita kilas balik aja kali yaa? Jadi kilas balik moment-moment apa aja sih yang aku lewatin selama 2013 ini. Gimana? Iyain aja deh yaah, biar yang nulis seneng :'') Oke, mulai yaaa...


Akhir 2012..
Di akhir tahun 2012 kemaren, hmm awal September sih tepatnya, I'm decided to wear Hijab (Insyaa Allah). Udah lama sih sebenernya pengen banget memenuhi kewajiban ini tapi mungkin baru dapet hidayahnya, entahlah terlalu banyak beralesan kenap nggak berhijab dari dulu-dulu. Setelah nggak sengaja baca salah satu cerita dari ustad Felix Siauw di chirpstory.com aku lupa apa judulnya yang jelas mengenai hijab. Ceritanya nampol banget di hati dan setelah itu nggak tau deh langsung aja gitu bismillah niat berhijab. Semoga Insyaa Allah Istiqomah yah, doain yah teman-teman hehe. Dan ini dia aku dengan hijab ku, Alhamdulillaaah...


Foto di atas diambil di hari pertama banget aku pake hijab, pertama dan langsung dateng ke acara pernikahan temen kuliah,  aku bingung harus pake model kayak gimana secara ngehadirin wedding party gitu ya, kan harus formal. Ya begitulah kira-kira hijab style pertamaku ke special occasion, jangan diketawain ya, cause, it's look a bit casual I think >,<
Oh iya di akhir tahun 2012 lalu, aku ngerayain tahun baruan di Yogyakarta. Yay! It was the first time I spent New Years eve out of town beside Semarang  lho dan lebih spesial lagi karena bareng teman-teman tercinta.


Ahk! Miss you guys, miss that moment so baaaad. Buat tahun baru tahun ini aku nggak tau mau ngerayaain dimana dan bareng siapa fyuh~

Januari - Februari2013
Di awal postingan ini udah aku ceritain kan yah, iya dari januari sampai pertengahan februari 2013 aku disibukkan dengan kegiatan KKN. Jadi, KKN itu kepanjangan dari Kuliah Kerja Nyata. KKN ini biasanya jadi sebuah tradisi syarat sebelum lulus gitu, tapi memang ada sih beberapa Universitas yang nggak mengadakan kegiatan ini. Nah, isi dari kegiatan ini adalah pengabdian kepada masyarakat, yang mana setiap program kegiatannya melibatkan masyarakat dan pastinya juga sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat. Jadi, intinya kita turun langsung ke lapangan (biasanya pedesaan) buat mempraktekkan ke masyarakat apa yang udah didapat di perkuliahan berkaitan dengan prodi masing-masing gitu deh.
Waktu itu aku dapet penempatan Desa Sendang, Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang. Awalnya sempet takut juga sih nggak bisa beradaptasi sama lingkungan pedesaan, terutama masyarakatnya, ya bayangin aja difikiran udah terbayang-bayang kita hidup selama 35 hari di pedesaan dimana kita nggak ngerti gimana watak dan adat masyarakat setempat, nggak kebayang deh bakalan gimana jadinya. Tapi setelah terjun langsung, Subhanallah nggak seperti dibayangkan, Alhamdulillah dapat desa yang masyarakatnya santun dan rama-ramah banget, tempat tinggal yang disediain juga more than i expected-lah, kita tinggal di rumah Pak Kades, dan keluarga Pak Kades sangat-sangat welcome banget sama kita, Ibu Kades yang nggak pernah apel masakin makanan tepat waktu, sering kali ditambah cemilah disela-sela waktu kerja, dek Lucky (anak Pak Kades) yang juga polos banget walau awalnya sangat malu-malu tapi akhirnya bisa aku "emong" juga haha, dan lagi yang paling nyenengin keponakan Pak Kades yang namanya Adith, ya ampuuuun masih kelas 3SD tapi gantengnya nggak ketulungan, sampe-sampe kita para cewek pada demen banget ngajakin main si Adith. Kamu tau Al anak pertama Ahmad Dhani? Ya kira-kira si Adith ini umpama KW lokalnyalah hihi.. Dan Alhamdulillah-nya juga tim kelompokku kompak dan solid lah ya bikin suasana jadi makin betah. Banyak banget pengalaman yang aku dapat dari KKN ini deh pokoknya.

Keluarga Besar KKN Desa Sendang 2013
Maret - Mei 2013
Selesai KKN niat buat mulai nyekripsi sama sekali belum terlaksana, masih belum bisa move on dari kebiasaan kuliah dan dari KKN juga sih. Awal maret masih juga belum berani ketemu dosbing untuk sekedar perkenalan sekalipun. Nggak tau deh rasanya belum siap dan kenapa secepat ini kita tau-tau bakal berpisah setelh lulus nanti, pikirku begitu. Dan bulan-bulan ini pun aku sedikit iri sih karena beberapa temen udah ada yang duluan sidang, jelaslah KKN aja rata-rata mereka lebih duluan di bulan Juli 2012, nggak aneh sih kalau lebih duluan lulus. It's ok-lah, ini jadi motivasi biar aku semangat menggarap skripsi. Dan ya, akhir maret aku beranikan diri ketemu dosbing untuk pertama kalinya, langsung suruh ngajuin judul beserta jurnalnya.
Oke, akupun mulai cari-cari jurnal untuk aku jadikan referensi penyusunan judul. Proses pengajuan judulku cukup lama, sekitar sebulan dan melewati dua kali penolakan. Dan akhirnya di akhir april "Judul Acc" . Alhamdulillaaaah lanjut proposal, nggak mau kalah jauh sama temen-temenku dong dan target juli sidang terus wisuda di bulan agustus akhirnya aku kebut deh tuh proposal bab1-3 dalam satu setengah bulan., "Proposal Acc" pertengahan Juni. Aku optimis banget bisa nyelesain bab4-5 cuma dengan waktu satu setengah bulan karena liat dari yang udah-udah banyak ko yang ngerjain bab4-5 cuma dalam kurun waktu sebulan malah, makanya aku optimis dan PD aja.

Juni - Juli 2013
Nggak tau kenapa taste buat nggarap bab4-5 naik turun di bulan-bulan ini, selain dibingungkan dengan pengolahan data juga snewen gara-gara nggak ngerti apa keinginan dosbing ditambah lagi waktu bimbingan yang super duper minim secara dosbingku PDII, plus saat itu pas puasa Ramadhan pula, dan akhirnya aku mulai hopeless, udah mulai ngerasa kayanya nggak bakal nyampe buat sidang bulan Juli pas di bulan ulang tahunku. Mbatin juga sih ngeliat teman-teman yang lain udah mulai pada sidang dan dinyatakan lulus. Arrrgghhh, rasanya sedih banget, apalagi udah seiya-iya nargetin wisuda bareng teman-teman tercinta, dan ya, ternyata emang nggak nyandak, secara waktu itu akhir periode sidang untuk periode wisuda Bulan Agustus cuma sampe tanggal 31 Juli, sedangkan tanggal 29 Juli skripsi belum juga di acc, udah bener-bener nggak ada waktu lagi buat bisa wisuda Agustus. 
Oke fine, aku pun ikhlas walaupun kecewa rasanya, tapi aku tau Allah emang belum ngasih waktu yang tepat saat itu, selain itu sadar diri juga sih aku. Lho kenapa? Ya, jadi emang selama sela-sela waktu ngerjain skripsi kemaren bisa dibilang aku terlalu santai, santai banget malah, gimana nggak, orang sih ngerjain skripsi tuh harusnya ngurangin waktu main kan ya, ngurung diri di kamer seharian suntuk buat ngutak ngutik skripsi kan ya, eh aku malah sempet-sempetnya jalan-jalan, sempet-sempetnya nge-mall, nonton carnavall, bikin surprise buat pacar, aih mahasiswi macam apa aku ini haha. Yah itulah kenapa akhirnya aku keduluan sidang sama sebagian temen-temenku. Tapi nggak apa, aku terima dengan lapang ko hehe :)
Oh ya, disamping cerita klelam masalah skripis, yang paling touched my heart banget di hari ulang tahunku mas pacar ngadoin frame berisi karikatur kita berdua gitu, sumpah bener-bener nggak nyangka banget dia kayak gitu, secara seorang dia aku tau banget super duper cuek banget, dan nggak pernah sama sekali pun romantis, boro-boro surprise ngasih bunga aja seumur-umur pacaran nggak pernah dia kasih haha. Lha ini tiba-tiba ngado beginian, ya walaupun aku tau pasti bukan bikinan dia sendiri tu, tapi tetep bikin aku terharu haha. Thank's anyway :*


Agustus - September 2013
Agustus awal aku balik kampung, selain karna emang udah waktunya mudik aku fikir juga refereshing sebentarlah ya, skripsiku juga tinggal tunggu acc jadi santai deh. Pertengahan agustus balik nyemarang lagi, berjuang mendapatkan sepucuk tanda tangan persetujuan skripsi, dan ya finally my script accepted on august, 30th Alhamdulillaaaah..
Tanggal 13 September aku sidang skripsi. Seminggu sebelum sidang tidur udah nggak nyenyak makan pun nggak nafsu gegara takut dapet dosen penguji yang killer. Empat hari sebelum sidang mulai lega karena udah dapet kabar siapa dosen pengujinya dan Alhamdulillaaah di hari H semua lancar jaya dan deg-degan hilang setelah dosbing bilang, "KAMU DINYATAKAN LULUS". Yay! It was my turn to feel the atmosphere when I passed, took photo with friends while holding flowers and yes finally I'm passed! :D

Four of them wore clothes with pink theme, it's such like a tribute to me who addicted with pink color haha

Oktober 2013


Graduated Day had come! I was so excited to this moment. Hari wisudaku, hari yang sangat aku tunggu-tunggu, hari dimana gelar S.E resmi aku sandangkan di belakang namaku, hari dimana merupakan akhir perjalanan studi strata 1 ku dan awal perjalanan menuju kehidupan yang lebih luas lagi yaitu dunia kerja. Alhamdulillah aku duduk di barisan depan karena lulus dengan predikat CUMLAUDE, lumayan dapet selempangan haha. Nggak afdol rasanya kalo nggak pamerin foto waktu aku pake toga. Ini dia...


My Family, spirit of my life. Thank's for always support me :*

Yay! We did it!

November, Desember 2013
Selepas wisuda, nggak serta merta berakhir perjuangannya, justru disinilah awal kehidupan baru yang lebih nyata dibanding perkuliahan. Sehabis kuliah ya nyari kerja, ya now i'm jobseeker. Daaaan nggak tau kenapa lagi-lagi hati mengatakan berbeda, nggak ingin rasanya kerja di orang, hati mengatakan inginmemulai wirausaha, tapi apa daya ridho ortu nggak aku dapat dan nyadar diri juga kemampuan merintis usaha baru nggak aku punya. Aku putuskan dengan sangat besar hati untuk cari kerja. Dari mulai ikut-ikut jobfair sampai ke Jakarta, ngelamar online sampai ngelamar langsung ke perusahaan udah aku lakuin. Panggilan dari berbagai perusahaan juga udah berdatangan, tapi ya sampai sejauh ini belum ada yang sampe tahap akhir. Pertengahan november kemaren sempet ikutan PPS-BRI sampe tahap wawancara psikolog, sebulan setelah wawancara pengumuman keluar dan nama aku nggak ada di list panggilan untuk tahap selanjutnya. Arrrgghhh, padahal hopefully banget aku bisa lanjut sampe tahap akhir tapi apa daya Allah lagi-lagi berkehendak lain. Ya, aku yakin Allah lagi mempersiapkan sesuatu yang lebih tepat buat aku. Semoga. Amin.
Akhirnya sampe sekarang belum ada perkembangan lagi. Dan aku masih jadi cewek panggilan, nunggu panggilan kerja dari perusahaan maksudnya hehe. Nggak apa, tetep semangat! Tahun baru pasti ada sesuatu yang Allah rencana buat kamu ko, Amin. Jadi keinget kata-kata papah dulu, kecebong aja butuh berkali-kali jatuh untuk bisa melompat dan berubah jadi katak. Aku nggak ngerti sih apa iya bener kecebong bisa lompat? Haha, never mind, yang penting ngerti maknanya hehe :")

Well, sampe segitu aja kilas balik tahun 2013nya ya, sebenernya nggak semua aku ceritain, cuma moment-momet yang bener-bener berarti doang aku ceritain disini. Karena kalau aku ceritain semua butuh waktu seharian kali ya, nggak bisa malam tahun baruan dong eke cyiiiin, bisa-bisa keriting juga kali ni tangan haha.
Btw, pada pada punya planning malam tahun baruan dimana ni? Sama siapa? Kalau aku tau deh sampe siang ini pun belum ada rencana mau kemana, it seems bakal ngabisin waktu malam tahun baruan ngejamur di kosan doang deh, selain ngga ada yang ngajakin diliat dari cuaca nya hari siang ini aja udah berawan, liat nih...


Gambar ini dari akun instagramku, foto diambil sekitar jam10an tadi dari jendela kamar kosku. Mendung banget kan, watir juga kalau kalau hujan nanti malam. Hope it won't happened deh. Ahk cupu banget kalau sampe malam tahun baru ini ngejamur doang di kos, but no problem lah. Anyway, hope you guys have a great new year eve ya! Don't forget to follow my blog, I changed some widget, template, and the header, more simply and fresh I think hehe. See you next post in new year, and welcoming 2014!

No comments: