a cup of my story

by : Ricke Yuliarti

"Do what you can, with what you have, where you are."
-Theodore Roosevelt-

2.07.2014

Kangen KKN

Hallo blog! Kali ini aku lagi kangen banget nih sama masa-masa KKN. Gara-gara liat DP bbm teman-teman dan adek kelas yang lagi pada pamer kegiatan KKN-nya, jadi kangen masa-masa itu.
KKN, satu masa dimana anak kuliahan pasti melewatinya. Ada sih beberapa perguruan tinggi yang udah nggak berlakukan kegiatan ini, tapi sekian besar masih. KKN disini bukan Kolusi, Korupsi dan Nepotisme ya teman-teman, melainkan Kuliah Kerja Nyata. Dimana kita selama periode waktu yang ditentukan terjun ke masyarakat (pedesaan biasanya) untuk mengabdi dan melakukan beberapa program sesuai kebutuhan masyarakat dengan mengaplikasikan ilmu-ilmu yang kita pelajari di perkuliahan. Tapi sebenarnya sih dalam prakteknya sedikit juga program yang benar-benar terlaksana haha.

Udah setahun yang lalu masa-masa itu berlalu, entah apa hanya aku atau yang lain juga ngerasa demikian, setiap ingat-ingat apalagi sambil liat-liat lagi foto-foto kebersamaan selama KKN, pasti aku ngerasain kangeeeen banget sama suasana itu. Terlalu singkat menurutku. Kenapa selalu aja setelah kita udah mulai dekat, udah mulai bisa menerima kebiasaan dan kekurangan masing-masing justru kita malah semakin dekat dengan perpisahan. Aku berlebihan ya? Entahlah. Aku emang tipe orang yang kalau udah dekat sama orang lain bakal sangat merasa sedih untuk berpisah. Susah move on lah. Karena pasalnya aku emang nggak gampang dekat dengan orang yang baru aku kenal.
Ya, emang sih kita nggak berpisah dalam artian nggak bisa ketemu selamanya lagi. Selesai KKN kita juga masih bisa ketemu ko, kumpul-kumpul lagi di moment dan tempat yang berbeda. Tapi aku rasa untuk mendapatkan kehangatan kebersamaan saat tinggal di desa, di rumah orang, selama 35 hari, sama-sama baru kenal  dan kemudian seiring waktu akhirnya kita merasa dekat itu sangat beda sekali auranya saat kita kembali kumpul di moment lain di luar KKN. Nggak dapet banget deh pokonya, yaiyalah jelas tempat dan waktunya aja udah beda.
Nah, karena aku lagi kangen KKN, aku mau berbagi cerita sedikit tentang pengalaman KKN ku bareng teman-teman KKN itung-itung buat kenang-kenangan. Boleh ya? Iya boleh hehe..


Ini dia teman-teman se-tim-ku bareng beberapa perangkat desa. Kiri-Kanan : Rio, Kiki, Adi Nug, Ditho, Titi, 4 Perangkat Desa, aku, Mbak Yanti, Novi, Adi Pras, Rais, Ardhan (photografer hehe)
Foto di atas itu waktu kita survey lokasi bakal KKN untuk pertama kalinya. Yang di sebelah aku itu Kepala Desanya. Alhamdulillah aku dapet tim yang asik, dari awal udah langsung klop aja gitu, bercanda-bercanda nggak pake canggung udah berasa kenal lama, terutama sama teman-teman cewek yah, karena biasanya yang paling susah nyambung itu kn emang antara cewek-cewek, yang doyannya berkelompok-kelompok, bergenk-genk, tapi syukurnya kita sama sekali nggak demikian. Kita kompak. Waktu itu kita dapat lokasi di Desa Sendang, Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang. Kesan pertama yang kita tangkep dari survey pertama sih rada gimana gitu sama Kades nya, apalagi waktu ngomongin masalah proker nya. But who know, seiring waktu kita baru nyadar kalau keluarga Bapak Kades benar-benar welcome dan super duper baik banget sama kita. Kades mana coba yang mau dengan murah hatinya nganter balik anak-anak KKN kembali ke tempat asalnya (Semarang) setelah semua program dan kegiatan KKN selesai? Mungkin cuma Bapak kades kita. Ya, Pak Kades beserta keluarga nganter kita pake mobil sampe Semarang :)


Yang ini selesai upacara penglepasan, besoknya meluncur ke tempat KKN. Foto ini juga yang dijadiin background MMT tim kita yang dipasang di posko, MMT paling narsis sekecamatan haha. Kebetulan posko kita di rumah Pak kades, jadi untuk makan dll kita nggak repot-repot masak sendiri atau catering karena Ibu kades siap sedia memasak buat kita, dan masakannya ituuuu uh nampol abis, setiap hari makan enak deh, belum lagi cemilannya. Keluarga Pak Kades Sendang emang the best lah hehe. Ini dia foto keluarga besar KKN Sendang bareng Bapak, Ibu Kades dan dek Lucky :)


Ssst, yang paling bikin betah lagi di posko nih ya, si Adith keponakan Bapak Kades. Anak kelas 3SD tapi caemnya naudzubillah udah keliatan dari kecil, bikin cewek-cewek di posko gemes haha. Paling bening seantero desa deh aku rasa hehe. Ini dia penampakannya.

Caem kan? :p
Baru minggu pertama KKN, kita udah punya acara bikin surprise aja. Kalau nggak salah itu hari ke-3 kita di desa, ada salah satu temen cewek kita namanya Kiki yang ulang tahun hari itu. Kita susun rencana buat ngerjain dia di esok harinya. Aku yang kebetulan menyusul datang ke desa karena bentrok dengan jadwal ujian, dapat tugas beli kue tart doang, dan segala skenario yang dibuat aku terima jadi aja. Rencana pun dijalankan pada malam harinya pas kita lagi rapat ngomongin uang kas. Kebetulan dia bendahara yang megang uang kas. Jadilah dia kerjaan dengan dalih jumlah uang kas nggak sesuai sama data pemasukan dan pengeluaran. Nah lho, beribu-ribu alasan diutarakan sama korban hampir-hampir aja kita yang kelapakan gara-garanya. Tapi untunglah di tengah itu klimaksnya waktu salah satu temen yaitu Titi pura-pura marah entah marah kenapa aku lupa dan masuk kamar dengan mendobrak kencang pintu kamar. Jelas kaget dong semua, itu di luar skenario deh kayanya haha, dan itu berhasil buat si korban tercengang dan akhirnya menangis juga. Berhasil!

Detik-detik surprise. Ignore jemurannya ya hehe >,<
Happy Birthday Kiki! :D
Dan kalian tau? Selama 35 hari itu juga kita berhasil ngerjain 4 korban di hari ulang tahunnya masing-masing dan dengan 4 skenario berbeda di dalamnya. Lama-lama bisa juga kali tuh kita jadi agen jasa surprise birthday haha.

Skenario kedua setelah ulang tahun Kiki yaitu ulang tahunnya Rio. Kebetulan di hari H dia nggak ada di posko karena ijin cabut buat naik gunung bareng temen-temennya. Kali ini bener-bener parah karena di skenario itu intinya kita ngibulin dia kalau hari itu di Posko kita kedatangan ibu DPL (Dosen Pembimbing Lapangan), ceritanya ibu DPL dateng buat survey kegiatan dan mempertanyakan ketidakhadiran dia di posko. Alhasil walau ada sedikit miss comunication antara kita, rencanapun berhasil. Si Rio rela-relain turun dari gunung buat balik ke Posko esok harinya. Dateng di Posko semua sekongkol untuk nyuekin dia, dan bikin dia bertanya-tanya bagaimana hasil kedatangan dari Ibu DPL. Sumpah! Aku ngakak dalam hati ngeliat gelagat dia yang nggak biasanya hari itu, sedikit diam juga aku rasa. Sore hari nya seperti biasa nggak afdol kalau tanpa guyu-guyuran, kitapun nyiapin berbagai macam adonan buat mengguyur dia. Rencana berhasil lagi haha. Akhirnya saat itu juga kita beberin kalau semuanya itu bohong, cuma skenario yang direncanain buat ngerjain dia, hahaha semua tertawa puas :D

Eciyeeee.... :p
Nggak ada kue tart, roti buaya pun jadi. Happy birthday Rio! :D
Skenario yang ketiga yaitu ulang tahun ditho. Kali ini skenario cukup simple. Ceritanya cewek-cewek rencana membuat ager-ager untuk bahan cemilan di waktu itu. Dan sengajalah kita suruh si korban untuk yang membuatnya. Dengan tanpa sepengetahuan korban kita campurin garam di dalam ager-ager yang lagi dimasaknya. Ager-agerpun jadi, tapi dengan rasa dan tekstur yang nggak biasa karena campuran garam tadi. Kita sediainlah di meja biasa kita kumpul-kumpul, dan skenario selanjutnya kita jalanin dimana anak-anak cowo duluan pura-pura makan tuh ager-ager dan kemudian tiba-tiba marah gara-gara ager-ager itu asin. Nah di waktu itulah kita semua nuduh si korban nggak becuslah, lemotlah, sampe bawa-bawa nama daerah dan segala macem omelan keluar dari pihak cowok, pihak cewek disini tugasnya sok-sok-an ngebelain si korban. Aku ngakak sih dalam hati, kenapa marah-marahnya jadi melenceng gini haha. Lantaran si korban emang keliatannya gampang nangis,  dan benerlah diapun nangis. Kemudia... Surpriseee!!! Mission succeed! :D


Happy Birthday Ditho! :D
Nah, kalau skenario terakhir ini yang paling sulit dirancang. Karena dari semua skenario, korban kali merupakan otak dari semua skenario sebelumnya. Kita cukup bingung bagaimana cara ngerjain dia. Tapi akhirnya muncul ide dadakan. Kita Cuma ngerjain sebatas ngeguyur dia doang. Saat itu kita ambil moment pas banget waktu anak-anak cowok main futsal. Kesempatan itu kita buat untuk nyiapin segala macem adonan buat nimpukin korban di halaman belakang tempat biasa kita jemur pakain. Ceritanya pas mereka balik dari futsal, cewek-cewek ribut gara-gara tali jemuran di belakang putus, udah kita sengaja putus. Lalu kita suruh si korban buat benerin. Selagi dia sibuk benerin, saat itu juga yang lain dengan sigab nyerbu di, ngedorong dia sampai ke pojokan pohon dan ngikat dia di pohon pake tali jemuran yang ada, karena badan dia yang ngga kecil jadi tenaganyapun sebesar badannya, kita sampe puter-puterin pohon buat ngiket dia, haha ekstrim banget!



Disela-sela waktu kegiatan, kita juga sempet jalan-jalan ke objek wisata di sekitar sana. Jalan-jalan pertama kita ke Pagilaran, kebun teh di daerah atas kabupaten Batang, kalau nggak salah kira-kira 30an km dari desa kita. Waktu itu ggak semua ikut sih, kita cuma ber-enam, karena yang lain lagi pada balik beberapa hari ke Semarang buat urusannya masing-masing. Nggak direncanain juga tapi karena sebelumnya udah pernah ada obrolan dan waktunya hari itu pas banget yaudahlah kita cabut, nekat pinjem motor Pak Kades lantaran motor yang ada di posko kurang, dan dengan baik hatinya Pak Kades bolehin malah Ibu Kades juga minjemin kita alat-alat panggang. Ya, kita rencana bakar-bakaran disana, bakar jagung dkk haha. Suasana Pagilaran subhanallah sejuk banget, aku sempet ngerasain air disana juga, dingin banget! Sayangnya pemandangan pegunungan yang harusnya keliatan ketutup kabut karena abis diguyur hujan. Dan juga beberapa fasilitas out bound yang tersedia yang seharusnya bisa kita nikmati terpaksa nggak bisa kita nikmati gara-gara kesorean sampai tempat. Yaa, seenggaknya keindahan pemandangan perkebunan teh sepanjang mata melihat terpamampang hijau luas disana cukup mengobati kesuntukkan waktu di poskolah. Keren asli! Teman-teman harus banget nyobain kesini! Nah ini dia penampakannya..







Jagung bakar maaan! Haha
Disana kita bakar-bakaran jagung bakar dkk. Dan begokya nggak ada yang ngeh kali kita lupa bawa minyak tanah. Jadilah nyoba segala macem cara buat nyalain sampe-sampe nyoba pake heineken. Sumpah gokil. Tapi akhirnya nyala juga gara-gara dibantu pake minyak dari korek gas kalo nggak salah. Dan sempet ngeri ditegor orang gegara asap bakar-bakarannya yang kemana-mana. Tapi aman kebetulan tempatnya lagi sepi haha. 



Jalan-jalan yang kedua kita yaitu Curug (air terjun) Sodong. Aku kurang tau jelas apa nama asli curug ini, yang pasti curug ini terletak di desa Sodong dan masih satu kecamatan dengan desa kita. Jalan-jalan kali ini kita lebih komplit, semua ikut minus Adi. Perjalanan menuju curug ini bisa dibilang lebih butuh kesabaran karena buat bisa sampai ke air terjunnya kita harus jalan menyusuri  turun ke bawah dengan jalan setapak yang lumayan jauh, belum lagi karena musim hujan dan hari itu juga sempat hujan jalanannyapun lumayan licin. Tapi setelah menyusuri perjalanan yang lumayan bikin kaki gempor gara-gara nahan licinnnya tanah sampai-sampai aku dan beberapa teman juga sempet terpeleset, setelah sampai di bawah nggak akan sia-sia karena pemandangan Curug Sodong yang.... Wow! Anda nilai sendiri...








Emang bener sih senior-senior yang bilang kalau KKN itu masa-masa yang paling ditunggu-tunggu dan nggak bakal dilupain selama perjalanan kita kuliah. Lho kenapa ditunggu-tunggu? Iya, mungkin ini bagi para jomblo kali ya, karena katanya sih KKN ini ajang perncarian pacar, banyak yang cinlok selama KKN. Daaan itu benar terjadi di kelompokku, tapi satu di antara mereka nggak mengakuinya (peace ya, kalau mereka baca hehe).
Hufh~ Kalau disuruh ceritain semuanya nih ya aku rasa 1 halaman blog nggak akan cukup buat nuangin semuanya, aih gombal ya haha. Tapi emang iya ko. Serius. Percaya deh. Iya. Hehe... Aku lanjutin lagi boleh dong ya ya ya? Iyaaa deeeh. Hehe..

Ini dia MMT posko ternarsis se-Kecamatan Wonotunggal haha :D
Gadis-gadis Desa Sendang ;)

Pejantan-pejantan Desa Sendang :D
Pertemuan pertama sama perangkat desa lengkap dengan beberapa warga-warga desa
Pertama kali main ke TK Printis, Desa Sendang langsung aku ajakin main ular tangga hehe :D


Sosialisasi mengajar di SD Negeri Sendang, ini merupakan program kegiatan yang paling jalan menurutku. Dan aku ikutan bantu-bantu ngajar juga.
Jajanan SD yang bikin nagih, cilok, sosis goreng dkk.nya hehe
Katanya TK Perintis Desa Sendang ini satu-satunya TK di Kab. Batang yg memiliki Marching Band lho. Keren kan!
Waktu jadi suporter Sepak Bola pas desa Sendang dan tim KKN kecamatan main. Kita paling heboh karna bawa atribut pendukung suporter,  mendadak dan asli buatan kita sendiri hehe :D 
Acara senam poco-poco, dan aku sempet jadi instruktur senamnya walau cuma beberapa menit doang haha >,<
Di waktu senggang sempetin buat bakar-bakaran jagung, yaaay!!
Pertama kalinya dan sekali-kalinya jalan ke kota bareng, karena emang anak-anak cowok pada nggak doyan main ke kota, betah banget di posko haha. Itu aja kebetulan gegara acara makan-makan ultahnya Ditho
Nah yang ini nih bener-bener makan besar, makanan sisa dari pengajianpun nggak ragu-ragu dilahap bareng-bareng juga haha :D
Nah di luar kegiatan program-program kerja pokok itu, kita juga punya program rutin yang nggak kalah pentingnya, selalu ditunggu-tunggu dan selalu bikin nagih. Tak lain dan tak bukan "POKERAN". Yup poekran ini sahabat para anak KKN dilagi bosan, setiap saat ada waktu luang, lebih banyak waktu luangnya sih sebenarnya hehe, pasti kita selalu main pokeran atau gonjreng-gonjreng nggak jelas hehe :D

Dari yang adem-ayem
Mulai pake helm
Ditimpukin bedak

Sampe diolesin kopi
Semua kena, semua senang. Tapi kayaknya aku yang paling sering kalah haha >,<
Sampai korcam (kordinator kecamatan)pun ikutan nimbrung haha :D

Yang tadinya aku nggak bisa main pokeran, gara-gara di KKN ini aku jadi bisa, yaa walaupun keseringan kalah haha. Karena setiap waktu saking seringnya main pokeran, hukuman untuk yang kalahpun udah ganti-ganti dan dicobain semua. Dari yang hukumannya cuma nahan kotak rokok di dagu, dicolekin bedak, dicolekin kopi, pake helm, sampe truth or dare udah dicobain semua haha. Seru! Miss that moment so much! :')

Nggak kerasa waktupun berlalu, hari terakhir di desa pun tiba. Sehari sebelum kegiatan Expo kecamatan, di desa kita adain acara perpisahaan desa. Betul-betul humble banget seluruh warga di sana. Nggak ada kata menyesal atau kecewa selama aku tinggal disana. Selain keramahan dari warga-warganya juga aku akuin prestasi dari warga dan pendidikannyapun lumayan maju. Dari SDnya juga TKnya. Dan satu yang bikin terharu waktu acara perpisahaan itu adalah ketika dari SD Negeri Sendang mempersembahkan paduan suara dan menyanyikan lagu ciptaan sendiri khusus untuk kita. Terimakasih adek-adekku. It's an honour for us :')




Malamnya setelah acara Expo Kecamatan dan sebelum akhirnya besok kita cabut buat balik ke Semarang kita adain acara "Malam Puncak". Karena itu malam terakhir kita di desa, kita isi dengan nyanyi-nyanyi bareng, ngobrol-ngobrol tentang kesan dan pesan, semua uneg-uneg dan segala macemnya kita omongin semua disini. Ada juga pembacaan pemenang dari nominasi-nominasi yang udah kita buat. Jadi pas sesi ini khusus aku, Titi, dan Novi yang bawa acara haha begitu juga nama-nama nominasinya pun kita yang uat. Sampai nonton bareng film dokumenter juga yang kita buat dari sekumpulan kegiatan-kegiatan kita selama 35 hari itu. Ide pembuatan film itu juga muncul dari aku, Titi, dan Novi. Dan proses pembuatan filmnya bener-bener ngabisin waktu dan tenaga banget, aku sama Titi sampe rela pulang malem cuma berduaan naik motor dari pasar yang jauhnya kira" 3km dari desa ditambah jalanan yang sepi dan gelap gulita, cuma demi nyari Warnet buat nyelesain project ini doang haha gokil padahal hasilnya nggak seberapa oke. Ini nih hasilnya.


Ahk sedih juga sih terlalu cepat 35 hari aku rasa tapi kalaupun lebih lama lagi mungkin bakalan ngebosenin kali ya haha. Tapi pas malam puncak itu aku sempet netesin air mata (perez ya?) haha tapi beneran lho, waktu itu yang bikin sedih tu karena momentnya pas banget, kita lagi nyanyi lagu Kemesraan-nya Broery Marantika feat. Dewi Yul, ditambah lagi lampu dimatiin dan tinggal hanya satu lilin doang yang jadi penerangnya. Ya ampuuun itu so sweet banget kan, dan itu yang bikin aku terharu :')

Teman-teman, Novi, Titi, Mbak Yanti, Kiki, Ditho, Rio, Rais, Ardhan, Adi Nug, Adi Pras, terimakasih untuk 35 hari yang mengesankan ini. Juga buat Desa Sendang yang luar biasa sambutannya sangat positif pada kami. Terimakasih untuk semuanya :)

Alhamdulillah di luar selesainya kegiatan KKN pun kita masih kontak-kontakan dan sesekali ngunjungin desa lho walaupun nggak dalam formasi lengkap. Sampai sekarang udah 3 kali kita ngunjungin desa. Yaa, semoga aja tali silaturahmi kita nggak terputus deh :)
Beberapa minggu setelah cabut, katanya dek Lucky sakit gara-gara kangen kita huhu segitunya :') Jadilah aku dan 3 teman lainnya inisiatif jengukin kesana
Ini pas acara khitanan Adith. Alhamdulillah masih diundang. Adith jelek banget disini udah gemukan, mungkin gara-gara udah disunat kali ya hihi :p
Ini yang paling baru, kira-kira November akhir tahun kemaren. Acara khitanannya dek Lucky. formasi makin dikit 3an doang kesana. Tapi nyempetin buat poto-poto di sawah haha. (Photografer by: Rais)
Postingan kali ini kayaknya memecahkan rekor postinganku yang paling panjang deh hehe. Okelah, daripada teman-teman nanti jadi bosan baca ceritaku ini, jadi aku rasa udahin aja ceritanya ya. Selain karena tanganku yang udah keriting juga hehe.
Nah, itu cerita KKN ku. Mana cerita KKN mu? :D

No comments: